Atasi Tuts Keyboard Elektrik

Merawat dan mengatasi tuts keyboard dengan benar.

Hari ini bangun sedikit siang sobat. Selain pagi ini gerimis, pasalnya tadi malam ke asikan ngobrol bareng anak-anak GMC(G-BozZ Music Community) tak terasa sampai larut malam. Tapi justru karena itu penulis dapat tips berguna dan ingin buru-buru membagi nya untuk Sobat Kharisma dimana saja, dan untuk anak-anak GMC yang ada di lampung terima kasih banget untuk tipsnya..., teruslah eksis di musik.

Oke langsung saja kita menuju ke bahasan.
Jika Sobat pernah menemukan masalah di tuts keyboard sejenis dengan PA-50 yang gejalanya seperti ini:
Ketika salah satu tuts ditekan pelan tapi keluaran suara seolah tuts ditekan kuat, kadang justru sebaliknya ditekan kuat tapi suara yang keluar justru pelan. Itulah gejala atau ciri-ciri kerusakan tuts yang dimaksud.

Pada dasarnya cara kerja tuts keyboard elektrik sejenis ini dibuat mengacu pada system tuts piano yang sesungguhnya/grand piano. kurang lebih gambarannya seperti ini:
Ketika seorang keyboarder memainkan suatu rangkaian nada, untuk mendapatkan keselarasan ada kalanya keyboarder harus menekan tuts lebih kuat atau sebaliknya. Pada tuts keyboard yang normal, level keluaran suara akan tergantung dari seberapa kuat keyboarder menekan tuts. Semakin kuat tekanan pada tuts, semakin keras keluaran suaranya. Dengan kata lain, tidak seperti tuts pada keyboard komputer yang hanya berfungsi sebagai tombol on dan off saja.

Tuts keyboard jenis ini menggunakan karet untuk membuat efek pegas(kembali keposisi setelah tidak ditekan) yang terletak di bawah tuts bar seperti halnya keyboard komputer, kalkulator dan lain sebagainya. Di bagian bawah karet terdapat sejenis karbon berwarna hitam yang berfungsi sebagai penghubung atau switch yang bersifat relatif, semakin ditekan semakin besar koneksitasnya dan sebaliknya.
Kebanyakan dari sobat teknisi mencoba mengatasi kerusakan diatas dengan menambahkan isi pencil ke karbon yang ada pada tuts, padahal tindakan ini justru menambah kotor dan hanya akan menambah resiko seperti diatas. Dan juga sebaiknya jangan menggunakan zat pembersih kimia.

Inilah langkah-langkah benar menurut teknisi yang sudah berpengalaman:

1. Lepaskan seluruh bagian tersebut dan bersihkan kotoran menggunakan kuas.
2. Setelah karet terlepas, rendam karet kedalam air panas sekitar 20 menit lalu angkat dan bersihkan dengan kain lap.
3. Ambil kain lap yang lembut, rendam kedalam air panas dan peras hingga tidak menetes.
4. Usapkan kain ke bagian PCB yang terletak dibagian bawah karet hingga bersih lalu biarkan sampai kering.
5. Ingat biarkan seluruh bagian yang tadi di bersihkan hingga betul-betul kering, barulah di pasangkan kembali seperti semula.

Jika setelah di pasang gejala masih sama, di sarankan untuk mengganti karet yang sudah aus dengan yang baru.
Langkah di atas juga dapat dilakukan untuk perawatan keyboard sobat.

Nah sobat, mudah-mudahan tips ini bermanfaat. Kharisma sangat berharap sobat mau berbagi Tips dan Trik disini. Kalau sobat ada saran, masukan, pertanyaan ketik di kolom komentar yang ada di bawah.
Sekian saja dulu dan terimakasih atas kunjungannya, sampai jumpa.

Sumber: Babeh.G-bozz(GMC).

84 komentar:

  1. kalo salah satu tuts mati/gk ada suaranya apa yg hrs dganti?. jenis pa50. mohon jawabanny dtggu, & trims sblmny

    BalasHapus
  2. Kalau salah satu tuts keyboard tidak berbunyi sama sekali,sedangkan tuts lainnya normal bisa dipastikan jalur pcb nya terputus.(asumsi karet tuts dianggap kondisinya masih bagus).cek saja jalur dari tuts yang bermasalah sampai ke mainboard.
    Semoga tips ini bermanfaat dan bisa membantu anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan keyboard saya M-audio beli karet M-audio untuk keyreg 49 dimna ya?? soalnya tadi saya coba tuts'a yang ga ada suaranya ternyata kotor gara2x ada debu dan semut dah di bersiin yang tadinya mati dah hidup eh pas di pasang yang tadinya normal malah jadi mati -______- itu karetnya yang dah rusak atau gmna ya??

      Hapus
    2. Klw psr 2000 dah ganti ic tuts ko msh ga ada suara satupun. Itu apa nyh gan

      Hapus
  3. skrg keybdku sdh normal, makasih bgt tipsny. sukses buat karisma elektrik.

    BalasHapus
  4. Hebat,
    Teruslah berbagi ilmu yg bermanfaat lewat media apa saja.
    Hidup Blogger Indonesia...!!

    BalasHapus
  5. siang, tuts keyboar saya mati jenis yamaha psr e 213, cara atasinya gmn ya/ trims

    BalasHapus
  6. siang, tuts keyboar saya mati jenis yamaha psr e 213, cara atasinya gmn ya/ trims

    BalasHapus
  7. apakah ini bisa d terapkan d panel board yamaha psr.. Seperti d tombol fill in A , gt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama menggunakan system yg sama, artinya bisa di terapkan sob

      Hapus
  8. apakah ini bisa d terapkan d panel board yamaha psr.. Seperti d tombol fill in A , gt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ! karena pada prinsipnya teknik tombol sama dengan teknik tuts

      Hapus
  9. keyboard saya yamaha psr 550 tuts nya bunyi tapi bunyinya beda dari sebelum nya jika ditekan dua tuts atau lebih maka suara yang dihasilkan beda dari suara sesungguh nya. selain itu suara tambahan seperti suara delay. mohon pencerahan nya gan trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobalah trik di atas sob, kalo gak berhasil komen lagi ya trimksh

      Hapus
  10. mau tanya kawa.
    sebelumnya mw berbagi cerita, saya punya keyboard yamaha, awalnya tuts nya hanya 2 yg tidak bunyi. tpi stelah beberapa hari malah g' bunyi smua tuts nya.
    kira" bagaimana cara betulinnya, apa bisa dg cara-cara diatas jga?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Sob, coba dulu langkah diatas & cek konectornya, kalo masih gak berhasil komen lagi ya

      Hapus
  11. Keyboard saya PSR E433 setiap tuts E tidak bunyi, kayanya si kena percikan air tapi belum bisa saya pastikan. kira2 masih bisa bagus gak ya? mohon pencerahan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba keringkan dulu sob

      Hapus
    2. punya aku juga gitu masalahnya persis, udah aku coba keringkan tapi masih tetep gabisa bunyi, mohon solusinya

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. saya punya keyboard midi controller M-AUDIO keystation dgn masalah yg sama, ada tuts yg suaranya keras walau hanya ditekan ringan. Bisa ga diterapkan cara yg sama spt diatas?
    terimakasih banyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sistemnya sama coba aja Sob

      Hapus
    2. karet karbon tutsnya udah mau mati.kalau belum parah,cara diatas bisa membantu.semoga berhasil....

      Hapus
    3. thank mas babe..atas pencerahanya. moga sukses

      Hapus
    4. sgt bermanfaat...maju terus ip indonesia

      Hapus
  15. cara melembutkan tuts bagaimana ya? sy pengguna korg pa tp sy pengen tuts nya kayak yamaha psr

    BalasHapus
    Balasan
    1. sistem pegas tuts korg dan yamaha agak beda.Jadi tutsnya korg tidak bisa selembut tuts yamaha.masalah nyaman tidaknya tergantung kebiasaan aja koq.

      Hapus
    2. Terimakasih artikelnya. Semoga ilmunya ditambah..amin

      Hapus
  16. Tuts keyboard saya juga ada 3 yg gak bunyi di 3 oktaf yg berbeda,udah saya coba buka semua baut tapi casingnya gak mau kebuka kaya masih ada yg nyangkut,mau dibuka paksa malah takut rusak tambah parah,,kalo yg masih buta cara bongkar pasang keyboard gmn? Cari dipetunjuk youtube agak susah juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pahami dulu mekanis keyboardnya.Kesulitan biasanya terjadi kalau belum tau persis sistemnya.Perlu kesabaran dan ketelitian...jangan main paksa bro.....

      Hapus
  17. malam mas bro....ane punya keyboard roland e-14, sekarang sedang setengah K-O. :D...gejalanya begini..awalnya klo buat maen, kadang suaranya pelan, kadang normal., and akhirnya....setengah dari tutsnya wafat ndak bunyi sama sekali, tp yang setengah ke kanan masih normal...kira2 kerusakannya apa ya.....????

    BalasHapus
  18. Met pagi...mau nanya cara bongkar cashing biar bisa mengganti karet tuts...Mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  19. MAF tuan2 ,, mw nanya ,beli karet tuts keyboard korg pa 50 dmna yah ,,, di tggu infonya yah ,,,

    BalasHapus
  20. saya trouble yg sama tuts tidak bunyi salah satu aja sih mas,, tp saya ga berani utak atik, jd saya bawa ke tempat saya beli untuk di service, kira2 biayanya brp yahh,, ada yg punya pengalaman service jg ga? maaf pemula...

    salam,
    riris

    BalasHapus
  21. mas mohon bantuan yahh utk riris,,
    manullangriris.rm@gmail.com

    email boleh mas,, maaf merepotkan...

    salam,
    riris

    BalasHapus
  22. siang, mohon pencerahannya,, keyboard controller saya sering transpose sendiri ke nada lebih tinggi. cara mengatasinya bagaimana ya ?
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. bersihkan karet tombol transposenya dan bagian pcb tombolnya.Biasanya kalau kotor terkadang nada oktafnya naik turun sendiri.tips nya sama dengan di atas.

      Hapus
  23. met siang tegangan buat ctk 731 dengan 2 amper 12 vol.kira2 gmana?soalx tegangan 1amper 12 vol gak bisa buka disk lo buka disket ato volume di besarkn lebih dri separo maka akan padam mati kybodx makasi mohön pncerahanx

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya arus 2 Ampere sudah cukup untuk suplai CTK 731, tapi permasalahannya trafo psu-nya mungkin kualitasnya kurang bagus (tidak murni).

      Hapus
  24. Terimakasih untuk artikelnya.
    Dgn adanya page ini kita jadi ada tempat bertanya-jawab masalah keyboard.
    Sekali lagi trims & sukses...

    BalasHapus
  25. mas, klw tuts keyboard kontak-kontak, itu gmn solusinya??

    BalasHapus
  26. Slmt malm sob,saya punya YAMAHA psr 213 banyak tuts nya yg gk bisa bunyi,sring kna air sih,kira2 apa maslah.a?

    BalasHapus
  27. met siang,,tut keyboard say psr a2000 ada bebrapa tuts yang terlalu sensitip bila di tekan bunyia keras gak seimbang dgn yang lain,sudah saya bersihkan tp sama aja..kira2 apa? mohon penjelasan,terima kasih..!

    BalasHapus
  28. mau tanya,punya saya korg i5s,masalahnya tangga setengah nadanya tdk bunyi,alias lgsung loncat 1nada,,mhon solusinya,??

    BalasHapus
  29. met siang mas, saya punya organ yamaha electone D 85 , masalahnya suara bunyi kresek-kresek dan kadang tidak keluar suara. mohon solusinya???

    BalasHapus
  30. Saya punya keyboard Roland E 09, semua tuts normal tapi pitchnya tidak berfungsi. Bagaimana cara supaya pitch kembali berfungsi

    BalasHapus
  31. Saya mau tanya nih.gmn caranya mepbaiki tuts keybord yg jika d tekan suara tuts lain yg keluar kadang2 suaranya berubah.mohon bantuannya.thaks

    BalasHapus
  32. kalo tombol tombol pada kor pa keras susah di pencetnya-solusinya gimana ya mas

    BalasHapus
  33. mau tanya dong ane punya midi nah klo di teken tuts yg putih bunyinya malah yg tuts item jadi kebalik..
    itu masalah pada apanya yah...
    terus solusinya gimana...

    BalasHapus
  34. Mic psr2000 gak kluar suara, padahal led mic signal nyala ketika bersuara, ada yang tau thx

    BalasHapus
  35. Mas mau tanya saya punya portable grand dgx 630 tasinkagi tutnya kesiram air . Bbrp saat waktu anak saya mainkayanya nadanya beda tapi saya ngk coba lagi langsung saya matiin powerbya . Kira2 apa yg harus saya lakukan ya selanjutnya. Thks

    BalasHapus
  36. gan, sy mau ty, sy py yamaha psr 630, persoalannya adlh lampu layar (mati) dan tulisan yg ada di layar kadang muncul kadang hilang. tlg ksh tips, bgmn cara memperbaikinya ? trimakasih..

    BalasHapus
  37. mas kalao tombol swich ada yang sangant keras di bawah layar LCD ( korg PA 50) cara mengantinya

    BalasHapus
  38. Salam kenal musisi indonesia...
    Kyboard sya yamaha psr 1100 tuts ya setiap oktaf ada beberapa yg ngk bunyi karetnya udah direnda pake air panas udah dibersikn tetap ngk berbunyi minta solusinya.. thx sebelumnya..

    BalasHapus
  39. Mas tolong infonya,beli tombol swich pe mindah suara keyboard Roland E09 di mana ya mas ? Tombol keyboard saya ada yg jebol.tanks

    BalasHapus
  40. Mas keyboard saya PSR 2100, kalau dihidupkan lama banget baru bisa dipakai, kira2 gmn mengatasinya..mohon pencerahannya , trims

    BalasHapus
  41. Mohon bantuannya Mas, volume keyboard psr 433 saya kog mengecil ya meskipun master volumenya sudah maksimal?

    BalasHapus
  42. Ada yg mo jual ga gam keyboardnya

    BalasHapus
  43. Min yamaha psr e213 saya bisa bunyi cuma kalo nada yg sama di pencet bareng .. Dan ada jugak yang gak bisa bunyi sama skali .. Gak brani otak atik karbon nya soalny blm dapet info .. Mohon bantuannya ya .. Makasi. (: moga sukses

    BalasHapus
  44. Keyboard saya yamaha psr e243. gimana ya caranya biar kalo kita menekan tuts secara keras suara jadi keras dan kalo menekan secera pelan suara yang dihasilkan jadi pelan juga.(seperti piano) soalnya keyboard saya mau neken pelan/keras suara yg dihasilkan sama saja.. jawab ya min

    BalasHapus
  45. Keyboard saya yamaha psr e243. gimana ya caranya biar kalo kita menekan tuts secara keras suara jadi keras dan kalo menekan secera pelan suara yang dihasilkan jadi pelan juga.(seperti piano) soalnya keyboard saya mau neken pelan/keras suara yg dihasilkan sama saja.. jawab ya min

    BalasHapus
  46. Mau nanya mas, sy punya korg sp 500... masalahnya sama ada satu tutsnya yg mati... yg lainnya normal... selain itu volumenya juga agak rusak... suara baru keluar pada posisi mendekati maximal sampai maximal... mohon bantunnya... thx

    BalasHapus
  47. Mas mau tanya saya punya keyboard roland juno Di. Disini problemnya semua tuts turun setengah alias gak pitch dr nada aslinya. Bagaimana ya cara atasinya?

    BalasHapus
  48. mas saya mau tanya tuch kebaybor p50 sd saya di klik suara nya kokk beda pertama normal 3 menit langsung suara beda d klik kaya suara air ngaur gtumas itu knapa ya mas ... maklum saya blm tau ...

    BalasHapus
  49. mau nanya gan saya punya keyboard korg MA trus ada 1 tuts yg kadang klo di pencet nyangkut alis bunyi terus apakah itu salah satu karet tuts atau ada masalah lain?
    terima kasih..?

    BalasHapus
  50. Saya mau nanya.keybord saya techno t9880i. Keybord nya mati,yg hidup cuma lampu layar aja. Gmn ya cr perbaiki nya..

    BalasHapus
  51. sy mau tanya ni mas,...keybaord pa500 sy seluruh tuts nya tidak bunyi sementara musik/style bunyi hanya cord nya tidak fungsi jg penyebab nya setelah sy mainkan song ada suara tuuut,,panjang setelah itu sy matikan keyboard nya trs sy hidupkan lg semua tuts nya tidak bunyi cm song ttp jalan,utk style ada suara cm cordnya ttp tidak bs,......makasih seblmnya mas tolong bantu sy cara mengatasinya,....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senasib nih...Korg PA 500 saya jg gitu...tuts semua ga fungsi...tp style bisa,ada suara....herman saya....

      Hapus
  52. Salam kenal
    Sekedar bagi info, buat mas yg tutsnya pada turun nada 1/2 aau naik itu ada permasalahan pada potensio pitch band, semoga bs membantu

    BalasHapus
  53. klu s710 saya klu di pencet chord A misalnya maka tuts yg lain ikut bunyi sendiri \ nyetet

    BalasHapus
  54. Tuts keyboard saya masalah nya sama jika di tekan pelan keluar nadanya seolah di tekan kuat. Sy udh coba membersihkan bahkan karet tutsnya udh di ganti 2 oktaf tapi masih tetap tidak ada perubahan. utk itu mohon bantuanya terima kasih

    BalasHapus
  55. Klo yg rusak bagian bwh karet yg brwarna hitam pada terkelupas bagamaina cr mengatasinya ga...mhn bantuanya..tks

    BalasHapus
  56. keyboard ku psr e253. apabila tekan 3 tuts jd chord ada 1 tuts yg tidak ditekan tapi bunyi. jadi keluar 4 bunyi. mhn bantuanya gimana cara memperbaikinya

    BalasHapus
  57. PCB tuts yg sudah rusak apa msh bisa di benerin...??

    BalasHapus
  58. Tuts keyboard tidak bunyi di tiap oktaf ,kunci b dan f.apa yang harus saya lakukan om...?

    BalasHapus
  59. Apakah cara ini juga bisa diterapkan pada piano digital casio cdp-s 100
    ..piano saya punya masalah pada satu tuts nya

    BalasHapus
  60. Mau nanya nih keybord saya yamaha psr 970 tuts x ada satu keturun di bagian tuts yg putih

    BalasHapus

Tulis Saran, komentar, pertanyaan dan pengetahuan anda di bawah ini, kami akan berusaha menanggapi secepatnya.

Entri Populer

Facebook Follower